Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Scientia menerima artikel penelitian (original research paper) dalam bidang Farmasi dan Kesehatan.  Bidang Farmasi meliputi Farmasi Sains, Farmasi Klinis dan Komunitas. Dalam bidang sains farmasi, artikel penelitian yang diterima meliputi Biologi Farmasi dan Farmakognosi, Kimia Farmasi, Farmasetika, Farmakologi dan Toksikologi, dan juga Bioteknologi. Sedangkan area Farmasi Komunitas dan Klinis mencakup Farmasi Rumah Sakit, Farmasi Klinis, Manajemen Farmasi, dan Farmasi Sosial. Pada bidang Kesehatan meliputi Kesehatan Masyarakat, Gizi, Biomedik, Bioteknologi, Biokimia, Epidemiologi dan Keperawatan.

SCIENTIA J Far Kes diterbitkan secara online dan juga menerima cetak lepas dengan frekuensi terbit 2 kali setahun (Februari dan Agustus)

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Naskah yang masuk akan diperiksa oleh Editor untuk dilakukan proses review terhadap unsur plagiarisme, bobot penelitian dan kesusuaian tata tulis. Naskah yang lolos pada ketiga persyaratan tersebut akan diteruskan menuju proses peer-review, sedangkan naskah yang tidak ditulis mengikuti panduan penulisan akan dikembalikan untuk diperbaiki. Naskah yang tidak lolos pada skrining plagiarisme atau naskah yang tidak tercakup ke dalam fokus dan cakupan jurnal akan ditolak.

Satu artikel direview oleh setidaknya 2 orang reviewer. Dewan Editor akan menambah reviewer jika salah satu reviewer sebelumnya memberikan rekomendasi untuk menolak artikel.

Apabila diperlukan, naskah akan diberi catatan dan komentar oleh Reviewer/Editor dan akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi jika diperlukan. Proses review dan revisi akan dilakukan sampai artikel dinyatakan diterima untuk diterbitkan.

Untuk dapat melanjutkan proses penerbitan berikutnya, penulis diharuskan membayar biaya penerbitan artikel. Jika diperlukan oleh Penulis, Editor akan menerbitkan surat bukti penerimaan artikel (Letter of Acceptance) setelah pembayaran dilakukan dan bukti pembayaran diterima.

Naskah yang sudah dinyatakan diterima selanjutnya akan diteruskan kepada proses copyediting. Dalam tahap ini, author diminta untuk melakukan pemeriksaan terhadap naskah terutama terkait dengan penggunaan tata tulis yang baik sesuai dengan kaidah bahasa yang benar. Pada tahap ini author diminta untuk melakukan perbaikan terhadap naskah dengan pola yang tidak bagus; kalimat yang mengandung multiinterpretasi; penggunaan tanda baca yang tidak benar; penggunaan kata depan yang tidak benar; dan permasalahan tata bahasa lainnya.

Naskah yang sudah melewati tahap copyediting akan diteruskan ke proses layout yang akan dikerjakan oleh layout editor.

Naskah dalam bentuk dokumen PDF yang sudah selesai di-layout (proofreading version) akan dikirimkan kepada penulis untuk proses proofreading. Penulis diharuskan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen proofreading version dan mengisi formulir Daftar Koreksi. Formulir ini harus dikirimkan kembali kepada Editor untuk proses perbaikan artikel versi final.

Naskah yang sudah selesai diperbaiki berdasarkan catatan pada Daftar Koreksi akan dimasukkan ke dalam daftar terbitan pada Volume dan Nomor yang sesuai. Artikel tersebut akan dapat diakses secara online jika jurnal dengan volume dan nomor tersebut sudah diterbitkan.

 

Frekuensi Penerbitan

SCIENTIA terbit 2 (dua) kali dalam setahun setiap bulan Februari dan Agustus

 

Kebijakan Akses Terbuka

SCIENTIA memberikan akses terbuka yang berarti semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya kepada pengguna atau lembaganya. Pengguna diperbolehkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan teks teks lengkap, atau menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya, tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.

 

Pengarsipan

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Etika Publikasi

ETIKA PUBLIKASI

Scientia : Jurnal Farmasi dan Kesehatan merupakan publikasi ilmiah resmi yang menerbitkan tulisan hasil penelitian dan review yang mencakup bidang Farmasi dan Kesehatan.  Bidang Farmasi meliputi Farmasi Sains, Farmasi Klinis dan Komunitas. Dalam bidang sains farmasi, artikel penelitian yang diterima meliputi Biologi Farmasi dan Farmakognosi, Kimia Farmasi, Farmasetika, Farmakologi dan Toksikologi, dan juga Bioteknologi. Sedangkan area Farmasi Komunitas dan Klinis mencakup Farmasi Rumah Sakit, Farmasi Klinis, Manajemen Farmasi, dan Farmasi Sosial. Pada bidang Kesehatan meliputi Kesehatan Masyarakat, Gizi, Biomedik, Bioteknologi, Biokimia dan Epidemiologi yang belum pernah dipublikasikan. Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal penelitian dan review bidang farmasi dan kesehatan meliputi pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis. Pernyataan kode etik publikasi ilmiah ini berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah. Etika publikasi ilmiah menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan pengajuan akreditasi apabila diperlukan. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  2. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  3. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.
  4. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  5. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  6. Membuat panduan aturan dan etika perilaku bagi editor dan mitra bestari.
  7. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  8. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  9. Membangun jaringan kerja sama lembaga penelitian dan instansi terkait
  10. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan penulis, mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,
  2. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,
  3. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  4. Memelihara integritas rekam jejak akademik penulis,
  5. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  6. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format penulisan karya tulis ilmiah, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis merupakan tanggung jawab penulis,
  7. Secara aktif meminta pendapat penulis, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  8. Melakukan evaluasi internal secara berkala terhadap kualitas jurnal ilmiah
  9. Mendukung inisiatif penulis tentang etika publikasi dengan menyertakan formulir klirens dalam setiap pengajuan naskah
  10. Berpikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi untuk kemajuan ilmu pengetahuan,
  11. Menghindari keputusan yang bersifat objektif dengan tidak mempertahankan pendapat sendiri, penulis atau pihak ketiga dengan mencari jalan keluar yang secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan,
  12. Mendorong penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari

  1. Menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil telaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan,
  2. Penelaah tidak melakukan telaah ilmiah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak langsung,
  3. Memberikan saran, masukan dan rekomendasi positif terhadap manuskrip karya tulis ilmiah, 
  4. Menjaga privasi penulis dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi terhadap suatu manuskrip,
  5. Mendorong penulis melakukan perbaikan karya tulis,
  6. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan,
  7. Karya tulis ditelaah tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain) yang telah ditetapkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Penulis

  1. Memastikan bahwa yang termasuk dalam daftar penulis telah memenuhi kriteria sebagai penulis,
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Menjelaskan keterbatasan dalam penelitian.
  5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh mitra bestari dan dewan redaksi secara profesional ilmiah dan tepat waktu.
  6. Menginformasikan secara tertulis kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.