HUBUNGAN KEPATUHAN MENGGUNAKAN OBAT DENGAN KEBERHASILAN TERAPI PASIEN HIPERTENSI DI RS PT PUSRI PALEMBANG

yopi rikmasari

Sari


Resiko terjadinya komplikasi kardiovaskuler dan kematian meningkat pada pasien yang tidak patuh terhadap rejimen terapi hipertensi. Ketidakpatuhan dalam minum obat hipertensi dapat memicu terjadinya reboun, yaitu tekanan darah yang sudah turun saat diobati tiba – tiba bisa melonjak lebih tinggi saat obat dihentikan. Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia yang masih rendah terhadap kesehatan berdampak pada jumlah pasien yang tidak menyadari bahwa dirinya menderita hipertensi dan tidak mematuhi minum obat kemungkinan lebih besar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepatuhan menggunakan obat dengan keberhasilan terapi pasien hipertensi di Rumah Sakit “X” Palembang.

Penelitian ini merupakan studi observasional secara prospektif, menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat analitis dengan desain deskriptif  berupa chi square. Sumber data diperoleh dari data primer  dan data sekunder. Kepatuhan pasien dinilai dengan menggunakan kuesioner MMAS – 8.   Keberhasilan terapi dinilai sesuai dengan sasaran terapi pada pengobatan hipertensi menurut JNC 7.

Hasil penelitian menunjukkan golongan obat yang digunakan pada penelitian ini adalah ACEi, diuretic, CCB, ARB dan Beta Bloker dengan persentase penggunaan paling banyak adalah golongan ARB yaitu candesartan sebanyak 32,29 % dan valsartan 29,17 %. Tingkat kepatuhan pasien hipertensi di Rumah Sakit X Palembang berada pada tingkat kepatuhan rendah sebesar 18,75 %, tingkat kepatuhan sedang 55,21 % dan tingkat kepatuhan tinggi 26,04 %. Terdapat hubungan antara kepatuhan penggunaan obat dengan keberhasilan terapi pada pasien hipertensi di Rumah Sakit X Palembang.

 

Kata Kunci : Hipertensi, kepatuhan, hasil terapi


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36434/scientia.v10i1.202

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


SCIENTIA Jurnal Farmasi dan Kesehatan

diterbitkan oleh STIFI Perintis Padang

Jl. Adinegoro km 17/Simp. Kalumpang Lubuk Buaya Padang – 25173

Telp. (0751) 482171  Fax. (0751)484522

    p-ISSN : 2087-5045                 e-ISSN : 2502-1834

       

 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.